• Selasa, 27 September 2022

Perkembangan Metaverse, Kominfo: Indonesia Tidak Tertinggal

- Kamis, 19 Mei 2022 | 19:00 WIB
Menteri Kominfo, Johnny G. Plate (Foto: kominfo.go.id)
Menteri Kominfo, Johnny G. Plate (Foto: kominfo.go.id)

TECHNODITION - Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate menyatakan  teknologi Metaverse saat ini berkembang signifikan di dunia. Ia menilai Indonesia juga tidak tertinggal terkait teknologi Metaverse, karena sudah ada perusahaan yang mengembangkan.

Menkominfo memperkirakan di 2026, teknologi Metaverse semakin berkembang pesat. Ia memprediksi seperempat penduduk di dunia akan menghabiskan setidaknya satu jam per hari di Metaverse.

Baca Juga: Lenovo EdVision Dukung Akselerasi Transformasi Digital Pendidikan

"Hal tersebut didorong oleh pesatnya pengadopsian teknologi metaverse baik di tingkat global, regional, dan juga nasional,” ujarnya dalam keterangan pers yang diterima, Kamis (19/05/2022).

Menkominfo menjelaskan sejumlah negara seperti Tiongkok, Korea Selatan, dan Barbados, mulai melakukan penelitian kebijakan pengembangan metaverse sebagai bagian integral dari negaranya.

Baca Juga: Vivo T1 Pro 5G Dilengkapi Fitur Flagship Liquid Cooling

“Negara Tiongkok menjajaki kebijakan metaverse dalam rencana pengembangan Kota Shanghai, negara Barbados telah mengumumkan inisiatif pembangunan kedutaan virtual di metaverse,” pungkasnya.

Johnny G. Plate mengatakan berdasarkan hasil studi Gartner tahun 2022, Korea Selatan telah membentuk Metaverse Alliance yang terdiri dari sektor industri dan akan membentuk Metaverse Academy pada akhir tahun 2022.

Baca Juga: Samsung Siapkan Teknologi 6G

Halaman:

Editor: Destian Prasetyo

Sumber: kominfo.go.id

Tags

Terkini

Terpopuler

X